Tentang Diriku yang Sebentar Lagi Pergi 

Hidup itu sebuah anugerah, karena ada begitu banyak hal yang patut disyukuri. Kicau burung di pagi hari, hangatnya matahari di siang hari, sepotong senja di kala terbenamnya hari, hingga sapuan gelapnya malam. 

Karenanya air mataku sering kali meleleh mengingat bahwa bumi yang fana ini hanya sebentar kali kusinggahi. Beribu-ribu kali kualamatkan pada Yang Maha Mencipta bahwa aku ingin hidup seribu tahun lagi. 

Ingin kuucap salam selamat tinggal pada ribuan kilometer jauhnya alam terbentang, alam yang hingga kini masih belum kujejak dengan dua telapak kakiku. Begitu pula dengan bangunan-bangunan tua dan orang-orang asing yang belum kuajak bicara. 

Menampik luka lama yang kutorehkan pada umat manusia, aku hanya ingin meminta maaf pada sang setan yang kerap kali menyertaiku. Karena dia tak bisa berlama-lama lagi menyesatkanku pada jalan yang ia tempuh sejak jaman dahulu kala. 

Kukirimkan sebuah doa, doa pada orang-orang yang selalu menertawakanku dan perlahan membunuhku dengan kata-kata mereka, dengan diamnya mereka. 

Aku hanya lah bocah rapuh, bocah yang sempat diikat oleh tali-tali penuh siksa dan darah oleh induk semangnya. Bocah yang tak pernah mendengar sepatah kata mutiara pun dari mulut sang pemberi uang. 

Aku hanya lah bocah rapuh, bocah yang oleh teman selalu dianggap paling kuat. Bocah yang sebenarnya berdiri dengan dua kakinya sendiri pun tak mampu, karena ia masih butuh sebuah tongkat sandaran yang walaupun rapuh tetap dipegangnya. 

Siapa yang mengetahui, maka ia lah yang berhak untuk memutuskan.

Untukmu yang membaca, carilah aku, carilah aku hingga ke ujung dunia. Karena aku, tak kan pernah kau temukan lagi. Karena aku, hanya singgah di dunia yang fana ini. Karena aku, tak kan tertulis di buku sejarah mana pun. Karena aku, yang akan selalu sendirian hingga akhir waktu ini cukup mengerti. 

Leave a Reply

