Tiga Situs untuk Menghabiskan Waktu dengan Produktif

Akhir-akhir ini saya sering merasakan betapa waktu cepat berlalu dan betapa banyak waktu yang terbuang sia-sia ketika menghabiskan banyak waktu berselancar di depan layar komputer tanpa tujuan yang berarti. Seperti misalnya men-scroll timeline media sosial yang saya miliki berjam-jam atau chatting dengan orang yang tidak dikenal di Omegle. Tapi ternyata ada cara untuk menghabiskan waktu menggunakan internet yang tetap memberi nilai manfaat. Sebelumnya saya sudah sempat berbagi mengenai Massive Open Online Course (MOOC), kali ini saya ingin mengangkat beberapa situs yang sering saya habiskan ketika sedang tidak ada kerjaan dan memberi nilai manfaat lebih bagi saya.

QUORA

Quora adalah sebuah platform tempat kita bisa menanyakan apapun pertanyaan yang sedang bercokol di kepala kita ataupun membaca jawaban-jawaban dari pertanyaan yang telah ditanyakan oleh orang lain. Di situs ini pun, kita dapat mem-follow topik-topik yang menarik bagi kita atau sesuai dengan keilmuan yang sedang kita pelajari. Yang menarik dari Quora adalah, pertanyaan-pertanyaan kita biasanya dijawab langsung oleh pakar mengenai bidang yang bersangkutan.

Kita ambil contoh pada pertanyaan ini: https://www.quora.com/Why-is-Siri-important/answer/Elliot-Turner

Tangkapan layar 2017-01-24 21.23.10.png
Tampilan dari Quora

Pertanyaan tersebut dijawab langsung oleh Elliot Turner yang merupakan salah satu pakar yang memahami tentang Siri dan merupakan CEO dari AlchemyAPI. Selain itu, kita bisa mendiskusikan jawaban yang sudah ada dengan mengomentarinya atau memberikan upvote apabila kita merasa jawaban tersebut benar adanya.

LINKEDIN

LinkedIn merupakan media sosial yang menurut saya wajib dimiliki oleh pekerja profesional di masa kini. Karena LinkedIn ini berfungsi seperti halnya curriculum vitae (CV) online kita. Di profil LinkedIn, kita bisa menambahkan profil pendidikan kita, aktivitas kita, karir profesional, hingga keterampilan-keterampilan (skills) yang kita miliki. Dengan kata lain, keberadaan LinkedIn akan memudahkan bagi pelamar kerja untuk menampilkan profilnya dan bagi penyedia lapangan kerja untuk menilai kompetensi pelamar kerja.

Selain itu, kita juga bisa mengetahui mengenai alumni dari sekolah kita yang bekerja di perusahaan tertentu sehingga kita bisa menghubunginya untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai perusahaan yang akan kita lamar.

Tangkapan layar 2017-01-24 21.35.22.png
Tampilan LinkedIn.

Hal menarik lainnya dari LinkedIn adalah, membaca tulisan-tulisan dari para Influencer. Influencer adalah sebutan dari orang-orang yang sering membagikan tulisan pribadinya melalui LinkedIn. Perbedaannya dengan tulisan-tulisan di media sosial lain adalah, tulisan di LinkedIn lebih profesional sifatnya karena berhubungan langsung dengan dunia kerja.

PINTEREST

Banyak penulis yang bilang kalau mental block adalah salah satu hambatan terbesar saat ingin menulis. Namun, saya merasa inspirasi itu lebih mudah untuk dicari dengan keberadaan Pinterest saat ini. Pinterest merupakan sebuah situs yang meng-compile gambar-gambar yang disimpan di berbagai macam situs yang memiliki nama dengan keyword tertentu. Singkatnya, kita tinggal memasukkan keyword sesuai dengan yang kita inginkan, lalu akan muncul gambar-gambar yang sesuai dengan tema keyword tersebut. Menariknya adalah, sebagian besar muncul dalam bentuk infografis yang akan menghemat waktu kita dalam mempelajari sesuatu itu.

 

tangkapan-layar-2017-01-24-21-36-20
Tampilan dari Pinterest.

 

 

Ketiga situs tersebut juga memiliki aplikasi mobile sehingga memudahkan kita dalam menggunakannya kapan pun dan di mana pun. Menjadi produktif merupakan pilihan, dan kini sudah ada begitu banyak hal yang mendukung kita untuk melakukan hal tersebut. Mengorbankan sedikit waktu kita untuk beralih ke situs yang lebih bermanfaat tentu bukan hal yang sulit bukan?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s