3 Topeng Milik Manusia

“The Japanese say you have three faces. The first face, you show to the world. The second face, you show to your close friends, and your family. The third face, you never show anyone. It is the truest reflection of who you are.”

Mungkin sering kita dengar ungkapan “orang ini menggunakan topeng yang berbeda di mana-mana” ketika melihat orang yang sikapnya selalu berbeda di setiap tempat ia berada. Menurut peribahasa orang Jepang, manusia memiliki tiga topeng yang berbeda yang diperlihatkannya sesuai situasi yang sedang terjadi.

I. Topeng yang diperlihatkan pada dunia

Topeng pertama ini adalah topeng yang dipakai oleh manusia dalam kesehariannya dan dalam pergaulannya. Ibaratnya jika kita belum benar-benar mengenal seseorang, topeng inilah yang akan terlihat  oleh kita. Topeng ini bisa terlihat bagus atau jelek tergantung bagaimana orang tersebut memosisikannya. Ada orang yang kurang bisa menjaga imej-nya di hadapan orang lain sehingga topeng pertamanya ini terlihat jelek, namun ada juga orang yang mampu menjaga topeng pertamanya ini agar kelihatan bagus dengan berbagai cara.

Jadi jika kalian mengenal seseorang yang terlihat luar biasa, namun kalian belum benar-benar mengenalnya secara pribadi, belum tentu jika orang tersebut benar-benar seperti apa yang ditampilkannya di hadapan publik. Karena bisa jadi, apa yang ditampilkannya tersebut masih berupa topeng pertama ini yang hanya berupa konten-konten yang ia tampilkan pada dunia. Ada sebuah ungkapan dari Sharon Creech yang cukup menggambarkan topeng pertama ini.

“Don’t judge a man before you walk two moons using his moccassins.”

(Sharon Creech, Walk Two Moons)

Yang dimaksud oleh Sharon Creech dalam kata-katanya di atas adalah jangan mencoba untuk men-judge seseorang sebelum kita merasakan dua bulan berada di posisinya, baik men-judge orang tersebut sebagai orang yang baik ataupun buruk. Moccassins merupakan suatu jenis sepatu tradisional yang digunakan oleh para pemburu dan penjelajah dari Amerika bagian utara. Mengenakan moccassins adalah simbolisasi dari merasakan hidup sebagai orang tersebut dan melihat dari sudut pandangnya.

II. Topeng yang diperlihatkan pada teman dekat dan keluarga

Topeng kedua ini adalah topeng yang diperlihatkan manusia pada orang-orang terdekatnya. Biasanya manusia akan cenderung lebih membuka diri pada orang-orang yang lebih dekat, karena adanya perasaan aman ketika berhubungan dengan orang-orang dekat tersebut. Selain perasaan aman, juga karena adanya penerimaan tanpa syarat sehingga seseorang tidak perlu mencemaskan untuk kehilangan hubungannya dengan orang tersebut karena apapun yang terjadi orang tersebut akan selalu loyal untuk menjadi orang dekatnya, seperti misalnya pada keluarga dan teman dekat.

III. Topeng yang tidak pernah diperlihatkan pada siapapun

Topeng yang terakhir ini adalah topeng yang paling misterius pada diri manusia dan merupakan kepribadiannya yang sebenarnya. Terkadang topeng terakhir ini keberadaannya sendiri tidak disadari oleh manusia yang bersangkutan. Karena itu, jika diibaratkan 2 topeng pertama berada pada dimensi kesadaran manusia. Sementara topeng terakhir ini berada pada dimensi tidak sadar.

Jika kita coba mengorek dari teori Carl Gustav Jung mengenai archetypes, topeng terakhir ini ada pada dimensi shadow. Menurut Carl Gustav Jung (1916), manusia memiliki ketidaksadaran kolektif (collective unconscious) yang pasti dimiliki oleh setiap manusia yang wujudnya bisa berbeda-beda seperti ibu yang baik, pahlawan, atau bayangan. Dan yang ingin saya tekankan di akhir adalah pentingnya untuk mengenal diri sendiri yang sebenarnya, yang seringkali kita sendiri belum tahu mengenainya. Dan tanpa sadar, bisa jadi diri kita yang sebenarnya ini muncul dan melakukan hal buruk pada orang lain.

Sumber:

http://bahaistudies.net/asma/The-Concept-of-the-Collective-Unconscious.pdf

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s