Prolog di Tahun 2017

“Life is not complex. We are complex. Life is simple, and the simple thing is the right thing.”

— Oscar Wilde.

Tujuh hari pertama di 2017 telah berlalu. Karena ini adalah posting-an pertama di 2017, jadi aku ingin sedikit membahas tentang Resolusi di Tahun Baru. Seperti halnya di tahun-tahun sebelumnya, momen tahun baru selalu jadi momentum untuk memperbaiki diri dan menetapkan langkah ke depan. Banyak dari kita yang mungkin terfokus untuk membuat target-target yang terkadang kelihatannya kurang realistis atau jauh di atas kapasitas kita saat ini.

Beberapa hari sebelum tahun baru datang, tepatnya di tanggal 25 Desember 2016, aku sedang sibuk menuliskan rencana-rencana yang ingin kulakukan dan kucapai di 2017 pada buku jurnal harianku. Kebetulan ketika itu aku sedang bersama Kak Windiyani Ladoi, seorang mahasiswa semester 9 Ilmu Ekonomi UI yang di saat itu juga sedang asyik dengan data-data skripsinya. Sesaat kemudian ia nyeletuk, “Ngapain kamu bikin target banyak-banyak? Mendingan bikin satu tapi fokus.”

Kata-kata yang sederhana itu masih nyantol di pikiranku hingga sekarang, dan kupikir ada benarnya. Target demi target yang telah aku tetapkan itu pun adalah hasil dari SATU target besar yang sebenarnya ingin kucapai. Aku sadar bahwa targetku dan mungkin juga target semua orang adalah MENJADI BAHAGIA. Ini adalah sebuah kesimpulan dan hasil spekulasi setelah memikirkannya berhari-hari.

Karena bahagia adalah suatu perasaan universal yang diinginkan oleh semua manusia dan melandasi berbagai morif dari tindakan manusia. Si A barangkali mendapatkan kebahagiaan lewat prestasi-prestasi yang dia capai serta pengakuan dari orang-orang di sekitarnya. Si B mungkin akan merasakan kebahagiaan ketika berhasil mendatangi tempat baru yang belum pernah dia jelajahi sebelumnya dan mengeksplorasinya. Si C sepertinya lebih bahagia ketika bisa melihat teman-temannya sukses karena bantuannya.

Apapun alasannya dan apapun tindakan yang diambil, jangan lupa untuk bahagia. Karena bahagia bukan sekadar tersenyum dan berkata “Aku bahagia”. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s