The Diary of a Young Girl, Anne Frank

image

“Ik zal hoop ik aan jou alles kunnen toevertrouwen, zoals ik het nog nooit aan niemand gekund hebben ik hoop dat je een grote steun voor me zal zijn.”

“Kuharap aku dapat memercayaimu sepenuhnya karena aku belum pernah bisa melakukannya terhadap siapapun. Kuharap pula kau bisa mendukung dan menghibur.”

Kalimat di atas adalah tulisan yang mengawali buku harian Anne Frank yang ditulis olehnya pada hari Jumat, tanggal 12 Juni 1942. Untuk bisa memahami buku ini, mungkin perlu dibahas terlebih dahulu tentang siapa itu Anne Frank. Anne Frank adalah anak dari Otto Frank dan Edith Frank, dua orang pasangan Yahudi yang pada awalnya bermukim di Jerman. Ia lahir pada 12 Juni 1929 di Frankfurt, Jerman, namun keluarganya beremigrasi ke Amsterdam, Belanda pada tahun 1933 karena menghindari aturan anti-Yahudi dari pemerintahan Hitler di Jerman. Pada awalnya, keluarga Frank dapat beraktivitas dengan baik di Belanda. Sang ayah dapat bekerja sebagai Direktur Travies N.V., sementara Anne dan kakaknya, Margot, dapat kembali melanjutkan sekolah. Namun, hal tersebut berubah ketika peraturan anti-Yahudi Hitler mencapai Belanda pada Mei 1940. Mulailah muncul diskriminasi terhadap kaum Yahudi di Belanda seperti mereka diharuskan memakai tanda bintang kuning, hanya bisa bersekolah di sekolah Yahudi, dan hanya bisa berbelanja di toko Yahudi serta hanya pada jam tertentu.

Berbagai pengalaman Anne dan pemikirannya mengenai situasi di masa  Perang Dunia II kemudian terdokumentasikan dalam buku hariannya yang pada akhirnya dibukukan ini. Buku ini memiliki beberapa judul yang berbeda di tiap negara. Sejauh ini, saya baru membaca edisi berbahasa Inggris, Belanda, dan Indonesia. Dalam terbitan pertamanya yang diterbitkan dalam bahasa Belanda, buku ini memiliki judul Het Achter Huis yang jika diterjemahkan secara bebas ke bahasa Indonesia menjadi “rumah yang terletak di belakang”. Sementara untuk edisi berbahasa Inggris yang diterbitkan oleh Scholastic memiliki judul The Diary of a Young Girl. Untuk edisi berbahasa Indonesia yang diterbitkan oleh Atria, buku ini diberi judul Dear Kitty. Walaupun judulnya berbeda-beda, namun semuanya mengandung unsur-unsur yang sama-sama membentuk buku ini. Kitty adalah sebutan Anne untuk buku hariannya. Het achter huis sendiri adalah term yang digunakan oleh Anne untuk menyebut tempat persembunyian keluarga Frank di Amsterdam. Dan judul dalam bahasa Inggrisnya menjelaskan apa sebenarnya buku ini.

Ditulis dengan bahasa sehari-hari oleh seorang gadis remaja yang berusia antara 13-16 tahun ketika buku ini ditulis, menjadikan buku ini mudah untuk dibaca oleh berbagai kalangan. Tak hanya sekadar bicara tentang kondisi kaum Yahudi dan penduduk Belanda di masa perang, buku ini juga bercerita tentang kehidupan Anne sebagai remaja. Tentang perseteruannya dengan ibu dan kakaknya, serta para penghuni lain di het achter huis seperti keluarga Van Daan dan Pak Dussel. Disini pembaca akan diajak mengeksplorasi tentang kondisi perang dari kacamata seorang gadis remaja yang terpaksa hidup terisolasi dari dunia luar dan hidup dalam bayang-bayang kengerian akan pembantaian pasukan Nazi Jerman.

Hanya saja, entry yang dimasukkan Anne ke buku ini tidak setiap hari. Terkadang ada kalanya Anne menulis dengan sangat panjang, kemudian berhenti menulis selama beberapa hari atau minggu. Lalu buku ini sendiri merupakan revisi dari Anne setelah mendengar pidato dari Gerrit Bolkestein pada 1944 tentang pengarsipan data-data mengenai perang. Ada bagian-bagian yang merupakan tambahan yang ditulis berdasarkan reka ingatan Anne. Tanpa mengesampingkan hal tersebut, buku ini merupakan sesuatu yang menarik untuk dibaca bagi orang-orang yang ingin tahu tentang Perang Dunia II umumnya dan kehidupan kaum Yahudi di masa PD II khususnya.

#30DaysWritingChallenge #25 #ReviewBuku

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s