Menjaga Kesehatan Mata dengan Twilight

Sejujurnya ini hal yang baru saya sadari akhir-akhir ini. Perlu diketahui sebelumnya kalau saya sering menggunakan perangkat digital baik komputer laptop maupun smartphone hingga beberapa saat sebelum tidur. Selama ini, saya selalu mempertanyakan kualitas tidur saya yang rasanya kurang baik dan rasanya sama saja antara tidur lama dengan tidur sebentar. Dan ternyata salah satu jawabannya adalah karena penggunaan dua perangkat digital tersebut beberapa saat sebelum tidur.

Lalu apakah kita perlu menghindari untuk menggunakan smartphone atau laptop ketika akan tidur?

Ternyata ada solusinya!

Dan ternyatanya lagi, penyebab tidur yang kurang berkualitas itu adalah sinar biru yang dipancarkan oleh layar gadget-gadget kita. Panjang gelombang cahaya yang dapat ditangkap oleh mata manusia normal adalah antara 400 nm-760 nm yang disebut dengan cahaya tampak (visible light). Visible light ini penting dalam proses penglihatan untuk mengenali benda, dan sumbernya bisa bermacam-macam seperti lampu atau sinar matahari. Namun diantara visible light ada juga jenis yang berbahaya untuk mata, yaitu sinar biru yang panjang gelombangnya 415 nm-455 nm. Sinar biru ini banyak terpaparkan dari televisi, smartphone, dan gadget lainnya. Terkena sinar biru dalam waktu yang lama dapat menyebabkan degenerasi makula yang pada akhirnya dapat menyebabkan kebutaan. (optikmelawai.com) Sinar biru ini pula yang membuat tidur terasa kurang berkualitas.

Di sini saya ingin memberikan tips untuk menggunakan beberapa aplikasi baik untuk smartphone maupun komputer.

Twilight

android-brightness-apps-twilight

Aplikasi ini tersedia secara gratis di Google Play Store untuk Android, dan dapat mengurangi intensitas sinar biru pada smartphone. Pada gambar di atas, foto sebelah kiri adalah layar sebelum menggunakan Twilight dan yang sebelah kanan adalah setelah menggunakan Twilight. Tampak gambar yang di sebelah kanan lebih kemerahan daripada yang sebelah kiri. Anda juga bisa mengatur agar smartphone Anda mulai mematikan sinar biru ketika matahari mulai terbenam, sehingga tak harus melihat layar merah sepanjang hari.

F.lux

17

F.lux ini memiliki fungsi yang sama dengan Twilight, hanya saja penggunaanya di komputer/laptop. Tersedia baik untuk Windows ataupun Mac OS.

#30DaysWritingChallenge #9

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s