Massive Open Online Course (MOOC)

Halo! Kali ini saya ingin bercerita mengenai Massive Open Online Course atau yang sering dikenal dengan singkatan MOOC. Sebenarnya apa sih MOOC itu? Mungkin pernah dengar atau sudah familiar dengan situs-situs seperti edX, Future Learn, Udacity atau Coursera? Ya, beberapa situs di atas adalah contoh dari MOOC, yaitu situs tempat kita bisa mempelajari sesuatu secara online dengan jumlah peserta yang tak dibatasi dan kita bebas ingin mengambil pelajaran atau kuliah apapun yang tersedia di situs-situs tersebut. Bahkan untuk kuliah yang diambil melalui situs edX, kita bisa mendapatkan sertifikat tanda pernah mengambil kuliah tersebut dengan biaya US$ 49 yang nantinya bisa kita gunakan secara langsung ataupun untuk ditampilkan di profil LinkedIn. Nah, jadi apa sih keuntungannya mengambil pelajaran atau kuliah melalui MOOC?

1. Banyak Mata Kuliah dari Berbagai Perguruan Tinggi Kelas Dunia

Umumnya, kuliah yang dibuka melalui MOOC diadakan oleh perguruan tinggi yang memang mumpuni di bidangnya dan kebanyakan dari mereka adalah perguruan tinggi yang sudah mempunyai reputasi tinggi di dunia. Anda bisa menemukan dengan mudah kuliah-kuliah dari Harvard, Berkeley, atau MIT melalui situs edX misalnya. Anda dapat merasakan secara langsung bagaimana rasanya mengambil kuliah Introduction to Computer Science (CS50) asuhan David Malan yang saat ini menjadi mata kuliah yang paling banyak pendaftarnya di Harvard. Atau ada bidang lain yang Anda minati? Semua kembali pada Anda.

Melalui kuliah-kuliah yang ada tersebut, Anda juga bisa mengevaluasi secara langsung dan membandingkan antara pelajaran-pelajaran yang Anda ikuti di perguruan tinggi Anda saat ini dan pelajaran-pelajaran yang diadakan oleh perguruan tinggi kelas dunia yang tersedia. Tentunya masih banyak yang kurang dari sistem pendidikan tinggi di Indonesia. Materi-materi ekstra yang ada juga dapat memperkaya pengetahuan Anda tentang suatu bidang yang ingin Anda tekuni.

2. Self-paced Learning

Belajar melalui situs MOOC bisa dibilang gampang-gampang susah. Di awal kuliahnya, biasanya ada petunjuk silabus dan cara mengikuti kuliahnya yang sudah disusun per minggunya. Untuk kuliah yang self-paced, pada umumnya batasan waktu untuk mengumpulkan semua tugas adalah di akhir tahun (31 Desember), tetapi ada juga kuliah-kuliah yang sudah ditentukan rentang waktunya dan materinya di-update setiap minggunya. Pada umumnya kuliahnya terdiri dari video dari dosen atau tutor; lalu ada tugas yang harus dikerjakan; dan ada panel untuk diskusi dengan dosen, tutor, dan orang-orang lain yang juga mengambil kuliah tersebut.

Belajar secara online tentu berbeda dengan belajar di kelas. Anda tidak akan dikejar-kejar oleh dosen karena belum mengumpulkan tugas atau harus duduk untuk mengikuti perkuliahan dan ujian. Kelebihan dari belajar secara online adalah Anda bebas menentukan kapan ingin belajar dan mengerjakan tugas. Hal ini mungkin menjadi masalah bagi Anda yang masih memiliki kebiasaan menunda-nunda pekerjaan, namun hal ini dapat disiasati dengan merencanakan kapan Anda akan belajar dan mengerjakan tugas yang diberikan. Anda dapat menambahkan di kalender Anda, entah itu kalender online ataupun fisik. Pastikan Anda menerapkan self-commitment dan beri diri Anda sedikit reward setelah melakukan tugas yang diberikan!

3. Gratis!

Yang terakhir adalah, sebagian besar situs MOOC menawarkan pelajarannya  secara gratis. Anda tidak dipungut biaya sepeser pun, kecuali mungkin untuk biaya sertifikasi usai mengikuti perkuliahan bagi Anda yang membutuhkannya.

4. Bahan Portofolio Anda

Saat ini, semakin banyak perusahaan yang meng-encourage para karyawannya untuk mengambil kuliah secara online untuk menambah pengetahuan. Dengan menggunakan MOOC untuk belajar, secara tidak langsung Anda telah mendemonstrasikan bahwa Anda terbuka dengan teknologi baru dan mampu memanfaatkan teknologi informasi dengan baik. Hal ini dapat menjadi nilai tambah Anda dibandingkan orang lain yang mungkin belum terbiasa dengan penggunaan teknologi informasi.

Berikut ini adalah beberapa situs MOOC yang banyak digunakan:

http://indonesiax.co.id/

http://www.edx.org/

http://futurelearn.com/

http://online.stanford.edu/

http://coursera.org/

http://udacity.com/

#30DaysWritingChallenge #5

Advertisements

One thought on “Massive Open Online Course (MOOC)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s