Orang Aneh

People are strange when you are a stranger
Faces looks ugly when you are alone
Women seem wicked when you are unwanted
Streets are uneven when you are down

Sepenggal bait di atas adalah kutipan dari lagu People Are Strange yang dibawakan oleh grup band The Doors yang terkenal pada era 60-an. Sejujurnya lagu ini merepresentasikan apa yang saya rasakan ketika pertama kali mendengar musik dari The Doors untuk pertama kalinya. Aneh, tidak biasa, dengan ritme-ritme psychedelic yang sedang menjadi tren di musik Barat pada tahun 60-an. Hanya saja grup band ini seperti mencoba mengawinkan antara 2 hal yang sekilas terlihat sangat jauh berbeda, musik rock dengan puisi. Lirik-lirik lagu The Doors yang digubah oleh Jim Morrison kebanyakan memiliki unsur puitis, dan selalu dibawakan dengan aksi panggung yang bergaya Rock n’ Roll. Hal tersebut yang membuat Jim Morrison mendapat julukan Rock n Roll Poet.

Hal aneh lain dari The Doors adalah tidak adanya pemain bass di band ini. Sebagai gantinya ada Ray Manzarek yang memainkan keyboard dan bass keyboard secara bersamaan. Bunyi keyboard yang dimainkan oleh Manzarek turut membawa kesan unik pada musik grup band ini, karena hampir di semua lagu permainan keyboard Manzarek memerankan peran dominan selain vokal dari Morrison.

Bagi penulis, The Doors memberikan contoh bahwa menjadi aneh bukan berarti tak bisa bersaing. Salah satu single The Doors dari album pertama yang berjudul Light My Fire, sempat bertengger di posisi 1 di Billboard selama beberapa minggu berturut-turut.

Jadi kesimpulannya adalah, jadilah orang yang aneh, orang aneh yang bisa membuat dunia tersenyum dengan caranya yang aneh dan tidak biasa. Sejujurnya, dunia ini butuh orang-orang aneh yang bisa mentransformasi peradaban menjadi lebih baik. Andakah salah satu dari orang-orang aneh tersebut?

#30DaysWritingChallenge

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s