5 Why’s dari Toyota

Hidup penuh dengan masalah, iya semua orang berkata hal yang sama. Bukan hidup namanya ketika tidak dipenuhi dengan masalah. Takkan ada tantangan, ketika menjalani hidup tanpa adanya masalah. Bahkan dalam pelajaran di bangku sekolah pun kita dihadapkan pada segudang masalah yang bentuknya bisa berupa soal kuis, soal ujian, ataupun tugas yang tak kunjung berakhir.

Namun bagaimanakah ketika kita tidak mengetahui apa masalah kita sendiri? Banyak orang yang merasa ada sesuatu yang tidak normal sedang terjadi, tapi tidak mengetahui apa yang sebenarnya benar-benar menghambat dirinya untuk bisa ber-progress ke arah yang lebih baik. Dan pada akhirnya membiarkan masalah yang tidak ketahuan itu dalam waktu yang lama.

Sebenarnya tips ini bukan hal yang benar-benar baru. Ini adalah suatu “tradisi” yang sudah lama diimplementasikan di Toyota Motor Corporation, sebuah perusahaan otomotif terkenal yang berpusat di Jepang. Ini adalah tips yang menurut saya sederhana dan mudah diaplikasikan ke kehidupan sehari-hari.

Konsep 5 Why’s ini memiliki inti bahwa kita perlu bertanya sampai lima kali untuk mengetahui masalah sebenarnya dari suatu masalah (maaf bahasanya ribet banget, haha). Contohnya seperti ini, misalnya saya ingin mengetahui alasannya mengapa saya selalu datang terlambat ketika berangkat kerja. Padahal saya selalu memasang alarm pukul 05.00 pagi.

1. Mengapa saya datang terlambat ke tempat kerja?

Karena saya terbiasa begadang di malam harinya.

2. Mengapa saya terbiasa begadang di malam harinya?

Karena ada banyak tayangan televisi malam hari yang menarik perhatian saya.

3. Mengapa saya menghabiskan malam hari dengan menonton televisi?

Karena saya merasa kurang bahagia dan butuh hiburan.

4. Mengapa saya merasa kurang bahagia dan butuh hiburan?

Karena kehidupan sehari-hari saya yang monoton antara rumah dan tempat kerja.

5. Mengapa kehidupan sehari-hari saya monoton?

Karena kurangnya saya bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, jarang ngobrol dengan tetangga dan nggak pernah terlibat dengan kegiatan sosial.

Dari situ ketemu masalah sebenarnya yang dihadapi oleh orang tersebut. Walaupun sebenarnya 5 bukanlah angka yang mutlak, bisa jadi masalahnya ketemu di pertanyaan ke-4 atau ke-6. Dengan mengetahui masalah yang sebenarnya terjadi, bukan hal yang sulit untuk mengubah hidup Anda menjadi lebih baik. Semoga membantu!

Sumber: http://www.toyota-global.com/company/toyota_traditions/quality/mar_apr_2006.html

#30DaysWritingChallenge

Leave a Reply

