Meet Mother Russia! – Day 1

Day 1 – 5 Oktober 2015

Pagi itu, dini hari di awal minggu pertama di bulan Oktober 2015, kami berkumpul di Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Hal pertama yang kami lakukan tentu saja berkenalan, mengenal nama, wajah, dan asal kampus masing-masing. Beberapa dari mereka sudah aku kenal sebelumnya, seperti Yusuf dan Athifah, namun ada juga yang baru kenal di hari itu. Ada Mas Aji dari jurusan Sastra Rusia UI angkatan 2011 yang tahun lalu sempat menjadi Board di UI MUN Club dan sudah beberapa kali menghadiri forum yang berhubungan dengan ASEAN. Ada juga Mas Luqman dari jurusan Akuntansi UI 2011 yang sudah beberapa kali bertemu di kampus, yang kuperhatikan di waktu luangnya selalu membaca artikel bisnis dari tab-nya. Selain itu ada Mbak Dias yang sedang menempuh studi S2 Hubungan Internasional UI. Mbak Dias ini adiknya Andien lho, artis penyanyi itu, hehe. Yang uniknya lagi Mbak Dias ini dulu sempat kuliah di FKUI, tapi kemudian nyebrang ke Sastra Jerman UI, kisahnya agak mirip dengan ceritaku yang sempat pindah kuliah dari Farmasi ITB ke Sastra Belanda UI. Terus ada juga Mbak Milla dari Planologi ITB yang tanggal 17 Oktober ini wisuda. Ada juga Reyhan dari Metrologi dan Instrumentasi ITB, anaknya agak gaul-gaul gimana gitu dan kelihatannya banyak pengalaman dengan wanita. Ada Anggit yang de best dari Teknik Lingkungan UB, dia sempat student exchange ke Thailand selama 1,5 bulan sebelum acara ini. Ada Ilham, anak FHUI yang sangat freak kalo udah bicara tentang Rusia. Ada Fareza yang pertama kali lihat kesannya cool gimana gitu, tapi ternyata lawak juga orangnya. Fareza ini baru diwisuda bulan September lalu dari ITS dan paspornya udah bertebaran visa dari banyak negara. Ada Umam dari Teknik Fisika ITS yang seperti bapak bagi semuanya dan ramah banget, perhatian pula, hehe. Ada Mbak Gisel dari Komunikasi UB yang sempat magang di Kementerian Luar Negeri RI dan punya banyak link dengan Kemlu. Ada Ismi dan Ilmi, kakak beradik yang sama-sama kuliah di Antropologi UB. Dan juga ada Mbak Dinda yang sangat jago desain dan fotografi.

1444003705507
Foto sebelum keberangkatan. Atas dari kiri ke kanan: Anggit, Milla, Ipeh, Dias, Gisel, Ismi, Ilmi, Dinda, Hambali. Bawah dari kiri ke kanan: Ilham, Aji, Yusuf, Bagus, Luqman, Fareza, Umam, Reyhan.

Kami dibriefing beberapa saat sebelum berangkat oleh Mas Hambali dan Mbak Laras dari GudLak ID mengenai hal-hal yang perlu diketahui sebelum pergi ke Rusia. Akhirnya sekitar jam 4 pagi, kami dilepas oleh tim GudLak ID dan masuk ke ruang check-in bandara. Antriannya sangat panjang, padahal ini pagi hari. Tentu memang banyak orang yang memilih datang pagi-pagi demi tiket murah. Maskapai pertama yang akan kami gunakan untuk terbang adalah Cathay Pacific untuk penerbangan Jakarta-Hongkong. Hal yang tak terduga, penerbangan kami ditunda menjadi jam 8.20 karena sedang terjadi badai taifun di Hongkong sehingga kami harus menunggu cukup lama di bandara Soetta. Hal tersebut tak menjadi masalah, karena kami jadi punya waktu untuk beristirahat sejenak, menikmati sarapan, sambil mencoba latihan performance. Tiap delegasi diwajibkan melakukan pertunjukan di hari terakhir Summit nanti, sehingga kami mencoba untuk berlatih tari saman sambil dibimbing oleh Mbak Dias dan diiringi oleh nyanyian Umam yang memang orang Aceh. Tapi ya memang sulit karena belum terbiasa dengan gerakan cepatnya, hehe.

Akhirnya pesawat boarding pada pukul 8.20 WIB menuju Hongkong. Penerbangan Cathay bisa dibilang sangat baik pelayanannya. Karena disediakan media player yang bisa digunakan untuk menonton film, mendengarkan musik, atau hanya untuk sekadar mengetahui posisi pesawat serta ada makanan yang bisa disantap untuk sarapan. Pesawat yang digunakan Cathay termasuk besar, karena mampu memuat penumpang dalam jumlah yang sangat banyak. Kami tiba di Hongkong sekitar jam 14.30 siang harinya. Hong-Kong International Airport merupakan bandara yang sangat besar dan modern yang dijadikan tempat transit dari dan ke berbagai tempat di belahan dunia. Aku bisa menemukan orang dari berbagai macam tempat disini. Awalnya waktu transit yang tersedia buat kami adalah 6 jam 30 menit, namun waktu tersebut cuma tersisa 2 jam karena keterlambatan pemberangkatan tadi. Alhasil kami hanya menghabiskan waktu dalam bandara. Oh iya, HKIA menyediakan prayer room yang dapat digunakan untuk sholat bagi umat muslim. Menurutku ini adalah contoh bandara yang bagus, karena dapat mengakomodasi kalangan muslim untuk beribadah juga. Selain itu juga ada water tab yang bisa digunakan untuk mengisi ulang botol air minum.

1446378394559
Pintu Kedatangan Internasional di Hongkong International Airport

Pukul 17.55 waktu Hongkong, kami kembali melanjutkan perjalanan ke Vladivostok. Penerbangan kali ini menggunakan maskapai S7 Airlines yang merupakan maskapai Rusia, mulai kerasa nih aura Rusianya, hehe. Di dalam pesawat banyak orang-orang Rusia, begitu pula dengan pramugarinya, dan tulisan-tulisan di dalam pesawat pun sudah campur Bahasa Inggris dan Bahasa Rusia. Pesawat yang digunakan S7 lebih kecil dari Cathay, kurang lebih sama dengan pesawat-pesawat penerbangan domestik yang biasa kugunakan untuk ke Balikpapan. Bedanya dengan Cathay, S7 tidak menyediakan media player, namun tetap ada makanan untuk kami. Dan makanannya pun khas Rusia, ada roti, nasi goreng ayam hangat, dan beberapa makanan lain yang aku tak tahu namanya.

Setelah melalui perjalanan yang panjang, akhirnya kami mendarat di Vladivostok, Primorskiy Kray, Russia pada pukul 00.45 dinihari waktu lokal Vladivostok. Kami disambut dengan hangat oleh beberapa mahasiswa Indonesia anggota Permira (PPI Rusia) yang sudah lebih dulu berada di Bandara Internasional Vladivostok, Knevichi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s