Memainkan Sejarah

image

Tiap hari manusia datang silih berganti. Ada yang lahir dan ada yang mati. Yang lahir muncul sebagai harapan baru untuk dunia ini. Yang mati entah masih diingat atau tidak oleh orang-orang sesudahnya.

Hari ini tidak akan datang 2 kali. Bukan suatu keniscayaan ketika manusia kerap kali menyesali hal-hal yang tidak mereka lakukan sebelumnya. Beberapa orang pandai menggunakan waktunya, beberapa yang lain tidak. Mereka itulah yang namanya selalu diingat oleh sejarah.

Ide tanpa aksi hanya akan jadi bualan lapuk yang cuma jadi hiasan buku harian. Bukan masalah ketika orang lain mencerca, aksi itu tidak selalu harus diberi komentar baik. Membangun kepercayaan diri itu butuh waktu, butuh proses, butuh pengorbanan. Karena itulah, sekecil apapun perbuatan itu takkan menjadi soal.

Sukses atau tidak itu hanya masalah waktu. Tergantung pada bersatunya harapan dan kenyataan. Yang penting dari hidup adalah perjuangan. Semenjak Adam dan Hawa diturunkan ke bumi, takdir manusia adalah untuk selalu berjuang.

Suatu aksi tanpa cinta hanya akan menimbulkan kekotoran. Sikap kita sebagai manusia yang menentukan nilai kita jika dibandingkan dengan binatang. Manusia yang memiliki akal tingkat tinggi, yang mampu berdikari, memegang peranan penting dalam hidup ini. Keutamaan itu muncul ketika manusia memposisikan dirinya sebagai manusia, bukan sebagai serigala bagi manusia lainnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s